Minggu, 13 Maret 2011

BAHASA DAN IKLAN YANG MENYESATKAN

Pandangan kita sekarang tak pernah luput dari serangan iklan. Iklan tentulah bagus untuk menekan harga serta memulai dan memperbesar usaha. Masalah muncul kemudian ketika bahasa iklan tidak lagi sekedar memperkenalkan atau memuji-muji barang dan jasa pengiklan. Ada beragam taktik yang banyak dipakai sekarang untuk menyesatkan pelanggan sehingga membeli barang atau jasa yang tidak sesuai dengan harapannya.Obral dengan ungkapan up to atau sampai adalah salah satu yang paling umum dijumpai. Diskon up to 70% biasanya berarti bahwa dari 10.000 barang yang ditawarkan, ada 10 yang harganya dipotong 70 persen, 9.990 lagi dipotong kurang dari itu atau tidak sama sekali. Dalam banyak kasus, harga asli pun sudah lebih dahulu dinaikkan sebelum rabat. Ada lagi diskon 50%+20%. Pelanggan yang mengerti aturan penulisan dalam matematika maupun fisika untuk penjumlahan akan mengira ini 70%. Namun, yang dimaksud rupanya adalah 60%, yakni 50% ditambah dengan 20% dari 50%.Begitu pula sambungan internet up to 1 Mbps-satu juta bit per detik-berarti kadang-kadang kecepatan unduh pelanggan akan mencapai angka itu, tetapi biasanya hanya separuh atau bahkan kurang. Apabila pelanggan mengeluhkannya, penyedia ISP selalu beralasan bahwa penyebab kelambatan itu ada diluar kekuasaannya atau kemungkinan besar masalahnya ada pada computer atau kabel di dalam rumah pelanggan sendiri!Pembuat perangkat computer juga sering mencapur adukkan standar dunia computer (biner atau basis-2) dengan standar metrik (desimal atau basis-10) yang berbeda. Misalnya, kalau teman-teman membeli cakram keras yang diiklankan sebesar 1 gigabyte (GB), yang Teman-teman dapat biasanya bukan yang seharusnya 1.073.741,824 bytes (B), melainkan 1.000.000.000 B saja. Itulah sebabnya computer akan menunjukkan, kapasitas cakram keras itu hanya 0,93 GB, kurang 7 persen dari yang dijanjikan! Atau kita sering dengar kurang karena sudah dipakai karena telah diinstal, itu bohong!!!Kadang pula ada biaya tersembunyi atau tersamar. Banyak harga makanan restoran misalnya diiklankan tanpa biaya pajak dan tip wajib, service charge. Operator seluler pandai beriklan tentang harga murah pulsanya, tetapi boleh dikata tidak ada yang menyatakan bahwa harga terendah biaya telepon dibatasi oleh masa berlaku pulsa aktif. Apabila harag pulsa Rp 10.000 berlaku dua minggu, paling tidak teman-teman tetap harus mengeluarkan uang sebesar itu setiap dua minggu, sekalipun operator menetapkan biaya panggil dan SMS Rp 0!Barang kemasan pun bisa dipakai untuk menipu. Isi semut tapi kotaknya sebesar gajah, ckckckckckckckc. Belum lagi tawaran menggiurkan dengan syarat “syarat dan ketentuan berlaku” dan jangan lupa, hadiah menawan “selama persedian masih ada”.Dalam banyak kasus iklan menyesatkan tidak bisa dibuktikan. Namun, iklan berdampak menyesatkan karena memanfaatkan psikologi atau budaya pelanggan itu sehingga ia mengambil kesimpulan yang keliru, tetapi sesuai dengan kehendak pengiklan. Disinal peran perlindungan dari lembaga konsumen, DPR, dan pemerintah sangat diperlukan. Yang ini tidak perlu studi banding sebab studi banding menyesatkan juga: “jalan-jalan ke luar negeri dengan uang negara”. Syamsudin Berlian, KOMPAS.

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Southern California - Mapyro
    HARRAH'S 양주 출장마사지 RESORT SOUTHERN CALIFORNIA in Valley Center at 777 경산 출장안마 Harrah's Rincon Way 의왕 출장마사지 92082 US. 의왕 출장안마 Find reviews and discounts for 하남 출장샵 AAA/AARP members, seniors,

    BalasHapus